Solusi Cerdas Jual Beli Properti

CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET

uang-dari-InternetPertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mengalami peningkatan pesat, dan ini secara langsung memberikan peluang bagi banyak orang untuk mendapatkan uang dari internet. Kalau kita perhatikan, usaha online sudah menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini.

Mungkin kebanyakan dari kita akan tergiur ingin memulai bisnis onlinenya sendiri, padahal mereka belum tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Jika Anda adalah seorang internet marketer (pemasar online) yang ahli, mungkin untuk menghasilkan uang dari internet itu bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, beda ceritanya bila Anda masih pemula (newbie) di dunia online marketing. Jangankan mendapatkan uang, caranya aja masih bingung.

Topik ini memang sudah sering dibahas di berbagai media, baik itu media online ataupun media offline. Namun, tetap saja masih banyak orang yang masih mencari dan terus menggali informasi tentang bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet. Tidak usah jauh-jauh, coba perhatikan time line teman-teman Anda di Facebook atau di Twitter, pasti banyak yang membicarakan topik ini. Bahkan ketika Anda sedang membaca artikel ini, Anda pasti sedang mencari informasi tentang cara mendapatkan uang dari internet.

Artikel ini akan membahas beberapa jenis bisnis online yang bisa memberikan penghasilan.

 

1- Melalui Program Iklan di Website/ Blog

Seperti yang Anda lihat di beberapa blog yang pernah Anda kunjungi, space iklan di blog/ website adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan uang secara online. Kalau di luar negeri – khususnya USA – kebanyakan blog atau website mereka didaftarkan dalam program Google Adsense, yaitu program pengiklanan yang dimiliki oleh Google dimana publisher bisa mendapatkan penghasilan dari klik iklan Google Adsense yang ada di blog mereka.

Program ini di sebut dengan PPC (Pay Per Click), yaitu publisher akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh visitor (pengunjung) website atau blog tersebut, dimana biaya per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan). Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Beberapa perusahan online Advertising dari luar negeri yang menawarkan program yang sama adalah Bidvertiser.com, Chitika.com, Infolinks.com. Sedangkan dari dalam negeri antara lain KumpulBlogger.com, Sitti.co.id, AdsenseCamp.com, IDblognetwork.com, dan lain-lain.

Selain program PPC, untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah situs bisa dengan cara menyediakan space iklan di situs tersebut. Biasanya cukup banyak Advertiser yang tertarik untuk memasang iklan di sebuah blog bila blog tersebut memiliki konten dengan topik yang spesifik dan visitornya cukup banyak. Harga space iklan ini ditentukan oleh si pemilik blog atau bisa juga berdasarkan negosiasi antara Advertiser dan pemilik blog.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar publisher dengan penghasilan yang fantastis, bahkan ada publisher yang bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulan dari blog mereka. Anda tertarik? Tunggu dulu, semua itu butuh kerja keras dan butuh waktu yang tidak sebentar.

 

2- Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah orang yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi sekian persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang dilakukannya. Jenis bisnis ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Produk yang dijual oleh affiliate marketer ini sangat beragam, mulai dari produk digital, hingga produk yang berbentuk fisik, atau bahkan kombinasi dari keduanya. Untuk contoh program affiliasi silakan kunjungi Ratakan.com, Amazon.com, Clickbank.com, Hostgator.com, Lazada.co.id dan lain-lain.

Bagi Anda pemilik blog/ website yang membangun konten yang berhubungan dengan blogging, bisnis online, dan internet marketing, saya sangat menyarankan untuk bergabung menjadi affiliate marketer di Ratakan. Sebagian besar produknya memang banyak dicari oleh internet marketer, dan range komisi yang ditawarkan lumayan besar, yaitu sekitar 25%- 75% per penjualan dari link affiliasi milik Anda.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak program affiliasi yang bisa Anda jalankan. Salah satu program affiliasi lokal adalah program affiliasi dari Bhineka.com

 

3- Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanya lebih  sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Ruang iklan mandiri di sebuah blog bisa disewa dengan biaya Rp 500 ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan setiap bulannya.

Yang wajib diperhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website/ blog yang kita bangun. Misalnya topik website Anda tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan tema tersebut.

Sebaiknya kita TIDAK menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan tema website kita karena ini akan membingungkan audiens dan biasanya konversinya jelek. Misalnya website Anda tentang internet marketing, lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk penumbuh rambut.

 

4- Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri

Ini artinya Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens. Banyak blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan.

Nah, si pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut.

Salah satu contohnya adalah blog Pursuingmydreams.com. Kalau kita memperhatikan blognya sepintas, mungkin kita hanya membaca artikel-artikel saja. Namun, pemilik blog tersebut juga menawarkan/ menjual bibit bunga kepada teman-teman blogger di Indonesia. Menanam bunga adalah hobinya, dan artikelnya banyak membahas tentang bunga, dan dia memanfaatkan blognya untuk menjual bibit bunga.

 

5- Reseller atau dropship.

Toko online adalah  sebuah toko virtual dimana customer bisa membeli produk yang dijual di toko online tersebut langsung dari websitenya. Saat ini ada banyak pebisnis yang sudah punya toko online sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Caranya kita membuka toko online dimana kita menjual produk orang lain dengan cara dropshiping. Kita membuka toko online dan memajang produk-produk yang dijual secara online, bila ada pelanggan yang membeli dan sudah melakukan transfer ke rekening Kita, maka kita akan langsung menghubungi penyedia barang.

Kekurangan bisnis dropship adalah ketika barang yang ingin dibeli oleh pelanggan ternyata tidak ada maka transaksi tidak akan terjadi. Itulah sebabnya kita harus bekerja sama dengan penyedia barang yang kompeten, dan bisa dipercaya. Untuk itu lebih baik membuka toko online dengan menjual barang-barang sendiri, untungnya lebih banyak dan kita bisa mengatur perputaran uang dan produk. Memang kerjanya akan lebih banyak dan menghabiskan cukup banyak waktu, mulai dari penyediaan barang, packing, hingga pengiriman. Itu kembali kepada pelaku bisnisnya, yang mana yang paling cocok dikerjakan.

 

6- Menjual Blog Anda

Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu mengurus blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.

Menjual blog akan terasa sulit jika kita tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan teman yang bisa membantu menjual blog/ website. Berdasar pengalaman, menghubungi seorang broker atau pengantara akan sangat membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial.

Anda tertarik membeli Blog? Klik Sini

 

7- Memberikan Bimbingan Privat

Bimbingan privat (private coaching) adalah metode mencari uang lain yang bisa Anda lakukan di blog Indonesia Anda. Jika Anda menempuh cara ini, Anda harus memiliki keahlian tertentu untuk membimbing klien Anda. Keahlian tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang akan Anda terima.

 

8- Menyediakan Membership

Membership adalah program keanggotaan berbayar dalam jangka waktu tertentu. Materi dari program ini tidak ada di blog sehingga eksklusif untuk anggota berbayar.

Uang yang akan Anda peroleh dari program ini akan masuk kantong Anda tiap bulan dalam jangka waktu tertentu (misalnya 6 bulan), tanpa menunggu atau berbagi komisi (jika Anda tidak membuatkan program afiliasinya).

Sayangnya, jika Anda seorang blogger pemula, membership bukan cara yang cocok untuk Anda karena Anda harus memiliki keahlian ekstra. Umumnya yang menggunakan cara ini adalah para blogger sukses, misalnya mereka yang sebulannya menghasilkan $5.000 dari Google AdSense atau afiliasi.

 

9- Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Online

Nah, kalau udah bicara MLM pasti banyak yang langsung malas. Pada bisnis MLM konvensional terkesan para downline dibuat seperti kerja rodi dan uplinenya hanya bertugas memotivasi. Mungkin ini hanya sebuah pendapat, tapi pada kenyataannya banyak member yang akhirnya menyerah.

Metode kerja konvensional di MLM cara lama para membernya harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan, mempersiapkan presentasi untuk calon member baru, harus merayu, harus sering follow up, dan banyak lagi. Pastinya tidak semua orang bisa melakukan hal-hal tersebut.

Bisnis MLM online adalah bisnis Multi Level Marketing yang bisa dijalankan secara online tanpa harus mengganggu aktifitas sehari-hari. Inilah yang membuat banyak orang sangat tertarik dengan model bisnis MLM online ini. Salah satu contoh bisnis MLM online adalah bisnis MLM dari Golden Life.

 

10- Menjadi Pembicara Seminar

Jika Anda seorang blogger otoritas di topik tertentu, Anda bisa mendapat undangan sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan topik yang Anda bahas di blog Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang blogger otoritas di bidang pengembangan diri, Anda akan diundang sebagai pembicara di seminar seputar pengembangan diri. Honor akan Anda terima dari cara ini bergantung pada seberapa terkenalnya Anda.

 

Sebenarnya masih cukup banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Tapi bukan berarti kita harus melakukan semuanya untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebaiknya pilih satu atau dua jenis bisnis online yang memang cocok dan mampu Anda kerjakan, lakukan dengan serius, dan Anda akan melihat hasilnya.

Lakukan riset untuk bisnis Anda, dan lakukan analisa untuk mengetahui perkembangan bisnis internet Anda, tetap semangat, lakukan terus menerus. Dan lihat hasilnya dalam beberapa hari, minggu, bulan atau tahun.

 

Sumber:

Parablogger